KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL

LOGO

            Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, memiliki naluri untuk hidup dengan orang lain. Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut “gregariousness” sehingga manusia juga disebut social animal (hewan sosial). Karena sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok, yaitu : keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya (masyarakat) dan keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.

Kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan diantara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.

A.  Ciri-ciri kelompok sosial

  • Merupakan satuan yang nyata dan dapat dibedakan dari kesatuan manusia lain.
  • Memiliki struktur sosial, yang setiap anggotanya memiliki status dan peran tertentu.
  • Memiliki norma-norma yang mengatur diantara hubungan para anggotanya.
  • Memiliki kepentingan bersama.
  • Adanya interaksi dan komunikasi diantara para anggotanya.

B.  Dasar pembentukan kelompok sosial

  • Faktor kepentingan yang sama.
  • Faktor darah atau keturunan yang sama.
  • Faktor geografis.
  • Faktor daerah asal yang sama.

C.  Tipe-tipe kelompok sosial dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut atau dasar berbagai kriteria atau ukuran :

  • Besar-kecilnya jumlah anggota-anggota kelompok sosial.
  • Derajat interaksi sosial dalam kelompok sosial tersebut.
  • Kepentingan dan wilayah.
  • Berlangsungnya suatu kepentingan.
  • Derajat organisasi.
  • Kesadaran akan jenis yang sama, hubungan sosial dan tujuan.

D.  In Group dan Out Group

In group adalah kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya dan out group adalah kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan in groupnya. Perasaan in group atau out group didasari dengan suatu sikap yamg dinamakan etnosentris, yaitu adanya anggapan bahwa kebiasaan dalam kelompoknya merupakan yang terbaik dibanding dengan kelompok lainnya.

E.  Kelompok Primer dan Kelompok Sekunder

Kelompok primer adalah kelompok sosial yang paling sederhana, dimana anggotanya saling mengenal serta ada kerja sama yang erat. Contohnya keluarga, kelompok sepermainan, dan lain-lain. Kelompok sekunder adalah kelompok yang terdiri dari banyak orang yang sifat hubungannya tidak berdasarkan pengenalan secara pribadi dan juga tidak langgeng. Contohnya hubungan kontrak jual-beli.

F.   Paguyuban dan Patembayan

Paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama, dimana anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa persatuan batin yang memang telah dikodratkan. Hubungan seperti ini dapat dijumpai dalam keluarga, kelompok kekerabatan, rukun tetangga, dan lain-lain.

  • Ciri pokok paguyuban menurut Tonnies :
  1. Intimate, yaitu hubungan menyeluruh yang mesra.
  2. Private, yaitu hubungan yang bersifat pribadi.
  3. Exclusive, yaitu hubungan tersebut hanyalah untuk “kita” saja dan tidak untuk orang-orang diluar “kita”.
  •  Tipe-tipe paguyuban
  1. Paguyuban karena ikatan darah. Contoh : keluarga, kelompok kekerabatan
  2. Paguyuban karena tempat. Contoh : RT, RW, Arisan
  3. Paguyuban karena jiwa-pikiran.

Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu yang pendek. Ia bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Contohnya adalah ikatan antara pedagang, organisasi dalam suatu pabrik, dan lain-lain.

G.  Formal Group dan In Formal Group

Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antar sesama. Sedangkan informal group tidak mempunyai struktur atau organisasi tertentu yang pasti. Kelompok tersebut biasanya terbentuk karena pertemuan yang berulang kali yang didasari oleh kepentingan dan pengalaman yang sama.

H.  Membership Group dan Reference Group

Membership group merupakan suatu kelompok dimana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Sedangkan reference group adalah kelompok-kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

I.     Kelompok okupasional dan kelompok Volenter

Kelompok okupasional adalah kelompok yang muncul karena semakin memudarnya fungsi kekerabatan, dimana kelompok ini timbul karena anggotanya memiliki pekerjaan yang sejenis. Sedangkan kelompok volter adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat. Kelompok-kelompok volonter itu mungkin dilandaskan pada kepentingan primer. Kepentingan primer harus dipenuhi, karena manusia harus dapat hidup wajar.

J.    Kelompok sosial yang tidak teratur

Kerumunan : individu-individu yang berkumpul secara kebetulan disuatu tempat, pada waktu yang bersamaan.

  • Bentuk kerumunan adalah formal dan ekspresif.
  • Sifat kerumunan (sementara), yaitu tidak menyenangkan, keadaan panik, kerumunan penonton.
  • Berlawanan dengan norma hukum.

Publik : berbeda dengan kerumunan, publik lebih merupakan kelompok yang tidak merupakan kesatuan. Interaksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi.

Small group adalah suatu kelompok yang secara teoritis terdiri paling sedikit dua orang dimana orang-orang saling berhubungan untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu yang menganggap hubungan itu sendiri, penting baginya.

Dinamika kelompok sosial, setiap kelompok sosial pasti mengalami perkembangan serta perubahan.perubahan dalam setiap kelompok sosial, ada yang mengalami perubahan secara lambat, namun ada pula yang mengalami perubahan secara cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s