Jenis sayuran yang ampuh bersihkan liver

 

recipeLogo

 

Hati atau liver bertugas untuk menyaring zat berbahaya dari darah, menyimpan mineral dan vitamin, menjaga kadar glukosa yang tepat dan memecah lemak, menurut American Liver Foundation. Memasukkan sayuran yang dapat mendetoksifikasi hati dalam menu harian Anda, dapat mempromosikan organ tubuh yang sehat dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Yuk simak ulasan dari Livestrong!

Sayuran berdaun hijau

Selain mineral dan vitamin, sayuran berdaun hijau juga mengandung jumlah antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi hati dari potensi racun radikal bebas. Menurut Dr Sandra Cabot dalam bukunya yang berjudul “The Liver Cleasning Diet”, sayuran hijau juga mengandung klorofil, pigmen hijau yang menurunkan toksin dan membersihkan hati. Sayuran berdaun hijau yang baik untuk dikonsumsi, seperti bayam, lobak, sawi, selada, dan kubis.

Wortel

Wortel dikemas dengan nutrisi penting, termasuk beta karoten, niacin, vitamin B-6, tiamin, vitamin A, vitamin K dan kalium. Nutrisi ini juga mengandung serat, yang menghasilkan efek pembersihan dalam hati dan mempromosikan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri, efek anti-jamur dan anti-virus. Bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu membersihkan hati dengan membebaskan senyawa beracun. Bumbu rempah ini juga mengandung senyawa sulfur yang mengikat racun untuk mempermudah ekskresi tubuh. Bawang putih juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena kolesterol dan penyakit jantung.

Sayuran yang mengandung glutathione

Glutathione adalah jenis antioksidan yang kuat, yang dikenal sebagai nutrisi penting dalam pembersihan hati. Makanan yang mengandung glutathione mengandung zat yang dapat mendetoksifikasi dan membersihkan saluran pencernaan sebelum mereka dilepaskan ke dalam aliran darah Anda. Kadar glutathione yang tinggi juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sayuran yang mengandung glutathione antara lain, asparagus, tomat, brokoli, labu, peterseli, kubis dan kembang kol.

Sayuran ini baik dikonsumsi untuk mendetoksifikasi hati dan keseluruhan tubuh Anda. Dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

SUMBER : http://www.merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s