TEORI MORAL PERSPEKTIF ANALISIS

images pendidikan moral

Dalam perspektif analisis, dengan mengetahui fakta atau keadaan sebenarnya maka akan menjamin kebenaran keputusan yang diambil dalam  menghadapi suatu kasus atau dilema moral. Ketika dilakukan sebuah diskusi untuk memecahkan sebuah permasalahan atau kasus, maka analisis fakta dan kebutuhan menduduki posisi sentral. Artinya bahwa pengambilan keputusan moral hanya dapat dilaksanakan dengan mendasarkan diri pada fakta-fakta. Analisis sistematis mengenai maksud, konsekuensi dan hubungan umum secara kausal tampil pula sebagai masalah yang sentral dalam diskusi itu. Argumentasi-argumentasi mendapatkan kedudukan yang penting.

Sebuah dilema moral atau permasalahan moral dalam perspektif analisis menyangkut permasalahan klasik yang dihadapi oleh nabi Sulaiman as. Ada seorang bayi yang dijadikan anak angkat, karena ibu kandungnya miskin. Dengan kedua orangtua angkatnya anak itu hidup penuh bahagia. Selang beberapa lama ibu kandungnya ingin mengambil kembali anaknya itu. Ia mengajukan kedua orangtua angkat dari anaknya itu ke pengadilan. Permasalahan ini mengimplikasikan bahwa persoalan hak kodrati anak itu (dibesarkan oleh ibu kandungnya) menjurus kepada penolakan keadilan sosial dan sebaliknya.

Dalam menghadapi permasalahan moral seperti di atas, hendaknya kita memecahkan permasalahan tersebut dengan cara melihat fakta (menganalisis fakta-fakta) dan analisis sistematis mengenai maksud, konsekuensi, dan hubungan umum secara kausal. Setelah menganalisis fakta, maka kita bisa mengumpulkan berbagai pendapat atau kondisi mengenai permasalahan tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s